Kembali, LKBHI Jalin Kerjasama dengan Kemenkumham Jatim
Ditulis oleh : Minan Jauhari, S.Sos.I. M.Si - Bidang :

26 Juli 2016 - 15:32:10 WIB

HUMAS-Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember melanjutkan kembali kerjasama dengan kantor wilayah Kemenkumham Jawa Timur, Kerjasama lanjutan ini ditandatangani di kantor wilayah Kemenkumham jawa timur, pada selasa (19/07).

MOU yang telah dirintis dan dilaksanakan sejak tahun 2010 ini menjadi ijtihad bagi IAIN Jember dalam rangka meningkatkan pelayanan bantuan hukum kepada masyarakat katagori miskin. Praktiknya bantuan hukum dilakukan melalu jalur litigasi dan non litigasi, artinya bagi masyarakat khususnya katagori miskin yang memiliki kasus hukum yang berhubungan dengan peradilan bisa mendapatkan bantuan dari LKBHI IAIN Jember.

Yang kedua melalui non litigasi (konsultasi hukum, pemberdayaan hokum, penyuluhan, mediasi Selanjutnya bantuan hukun kepada masyarakat katagori miskin juga membantu pada kasus sengketa baik itu antar masyarakat, masyarakat dengan pemerintah maupun masyarkaat dengan swasta.

Direktur LKBHI IAIN Jember, Martoyo, M.H memberikan penjelasan bahwa MoU yang telah ditanda tangani ini berlaku selama tahun 2016 ini. Diakui oleh Martoyo hingga kini menurut catatanya LKBHI telah berhasil merampungkan 16 perkara litigasi dan 5 non litigasi, karenanya atas keberhasilan ini LKBHI IAIN Jember memperoleh apresiasi dari Kemenkumham Jatim dengan menambahkan penguatan kembali terhadap kasus-kasus yang ada, bahkan LKBHI  diberi penangan 10 perkara atau sering dikenal dengan istilah addendum (kontrak tambahan) dengan penanganan non litigasi sekitar 8 kegiatan.

Martoyo juga merinci beberapa capaian yang telah dilakukan oleh LKBHI, semisal melakukan isbat nikah massal, yang dilaksanakan diwilayah kecamatan wuluhan yang diikuti oleh 99 pasangan, pada bulan februari lalu. Selanjutnya pada bulan juni juga melaksanakan kegiatan serupa di desa Grenden kecamatan puger yang diikuti oleh peserta isbat nikah sebanyak 117 pasangan. Kegiatan yang dinilai sebagai pretasi ini dilakukan dengan menggandeng Pengadilan Agama Jember, KUA Kecamatan Puger, Dispenduk Capil, dan Pemerintah Daerah Jember, bahkan acara itu dibuka oleh wakil bupati jember, belum lama ini.

Martoyo juga menambahkan bahwa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kabupaten Jember tentang Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin segera disahkan, sehingga menjadi payung hukum, bagi organisasi bantuan hukum untuk membantu masyarakat miskin pencari keadilan.

Warek I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, H. Nur Solikin, M.H mengapresiasi upaya LKBHI dalam membangun jalinan kerjasama dengan Kantor Menkumham Jatim. Dengan adanya MoU ini diharap bisa menambah peran serta LKBHI dalam membantu masyarakat katagori miskin. (Minan Jauhari/Udien).

LINK TERKAIT
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1051111 kali
FLAG TRAFFIC
    Flag Counter