Mahasiswa IAIN Jember diterjunkan di 100 Dusun melaksanakan KKN
Ditulis oleh : Minan Jauhari, S.Sos.I. M.Si - Bidang :

21 Juli 2016 - 14:22:16 WIB

HUMAS-Sedikitnya 1224 Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember diterjunkan di 100 dusun melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Partisipatory selama 1 bulan penuh.

Semua dusun yang menjadi lokasi KKN ini tersebar di dua kecamatan yaitu kecamatan Silo dan Kecamatan Ledok Ombo Kabupaten Jember dansatu  kecamatan yaitu kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.

Semua mahasiswa yang mengikuti program KKN terhitung mulai 22 Juli-31 Agustuis 2016 ini diklasifikasi dalam 100 posko, selanjutnya mereka disebar pada seluruh dusun di tiga kecamatan itu.

Sebelumnya peserta KKN telah digembleng pengetahuannya tentang Participatory Action Research(PAR) selama dua hari sebelum peserta KKN diterjunkan dilokasi KKN. Bekal pengetahuan ini diharapkan bias menjadi modal tambahan bagi peserta KKN sehingga bisa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sehingga bisa membantu warga dalam rangka melakukan upaya perubahan kearah yang lebih baik.

Ketua Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember, Muhibbin, M.Si pada saat pembekalan mengungkapkan bahwa KKN tahun ini tetap menggunakan pendekatanParticipatory Action Research(PAR). Dengan menggunakan pendekatan ini mahasiswa KKN harus melakukan beberapa langkah diantaranya mengkaji keadaan desa secara umum, mengkaji keadaan Desa Secara Topikal, membuat planning secara partisipatif.

Selain itu peserta KKN juga harus melakukan aksi-aksi dengan cara melakukan upaya untuk memecahkan problem sosial-keagamaan bersama masyarakat sesuai dengan kebutuhan yang mereka hadapi serta melakukan refleksi, yaitu melakukan monitoring dan evaluasi atau upaya-upaya pengkajian desa secara topikal dan aksi-aksi untuk pemecahan problem sosial-keagamaan bersama masyarakat.

Warek I Bidang Akademik, H. Nur Solikin, S.Ag., M.H dalam kesempatan yang sama juga berharap banyak agar dengan KKN tahun 2016 ini dapat  melatih penalaran, kepekaan, dan keterampilan mahasiswa dalam bidang riset aksi untuk bersama-sama masyarakat mengidentifikasi, memetakan, dan menganalisis dan mencari solusi problem sosial yang dihadapi masyarakat, melakukan minimal pemetaan dan analisis masalah, mendialogkan sekaligus mentransformasikan kerangka berpikir teoritis-akademis dalam realitas kehidupan sosial yang nyata, serta memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung dalam menghadapi berbagai persoalan kompleks, melalui proses partisipatoris sehingga dapat membantu masyarakat menemukan cara menghadapi problenm sosial yang mereka hadapi.

Karena itulah saat melepas peserta KKN, Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM mewanti-wanti agar mahasiswa IAIN Jember dalam melaksanakan program KKN di tiga kecamatan ini bisa melaksanakannya sebagaimana petunjuk dan pedoman KKN yang telah ditentukan, dengan begitu KKN bias terlaksana dengan baik hingga bias dirasakan dampak perubahan ditengah-tengah masyarakat. (Minan Jauhari)

LINK TERKAIT
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1051077 kali
FLAG TRAFFIC
    Flag Counter