Peserta Jalur UM-PTKIN Ikuti Ujian Tertulis secara Nasional
Ditulis oleh : Minan Jauhari, S.Sos.I. M.Si - Bidang :

14 Juni 2016 - 14:28:26 WIB

HUMAS-Seluruh Peserta Tes Jalur UM-PTKIN selama dua hari (14-15 Juni) mengikuti tahapan ujian tertulis serentak secara nasional, Khusus pelaksanaan tes yang dipusatkan dikampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) diikuti oleh peserta tes sebanyak 1482 peserta.

Secara nasional total peserta tes mencapai 79.769 orang. Masing-masing dengan rincian, kelompok ujian IPA sebanyak 5272 orang, kelompok ujian IPS sebanyak 60.361 orang, dan kelompok IPC sebanyak 12.879 orang.

Empat materi tes tertulis harus diikuti oleh semua peserta selama ujian, masing-masing adalah materi Tes Potensi dan Academic Attitude, materi Tes Kebahasaan, materi Tes Keislaman, dan materi Tes IPA maupun IPS yang disesuaikan dengan kelompok ujian.

Diketahui bahwa jalur UM-PTKIN ini merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Ketua Panitia UM-PTKIN Lokal, H. Nur Sholikin, S.Ag., M.H menegaskan bahwa pelaksanaan ujian tertulis di IAIN Jember bisa berjalan dengan baik, namun demikian pada saat dilaksanakan ujian tertulis juga masih kedapatan beberapa peserta yang tidak hadir dalam tes tertulis ini meskipun jumlahnya tidak banyak. Berapapun panitia akan menyampaikan laporannya secara tertulis kepada panitia UM-PTKIN Pusat.

Sebelumnya peserta ujian jalur UM-PTKIN ini telah dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Mereka lulusan tahun 2014, 2015 dan 2016. Khusus lulusan tahun 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah sedangkan lulusan tahun 2016 ini harus mempunyai Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah.

Program studi yang ditawarkan melalui jalur ini berjumlah 26 Prodi, masing-masing prodi tersebar pada lima fakultas diantaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan; Fakultas Syariah; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwahserta Fakultas Ushuludin, Adab dan Huaniora. (Minan Jauhari-win)

 

LINK TERKAIT
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1051099 kali
FLAG TRAFFIC
    Flag Counter