IAIN Jember Selenggarakan Tes Beasiswa Program Doktor
Ditulis oleh : Minan Jauhari, S.Sos.I. M.Si - Bidang :

30 Mei 2016 - 16:40:33 WIB

HUMAS-Sedikitnya 50 Pendaftar calon mahasiswa program Doktor IAIN Jember, mengikuti ujian masuk dikampus IAIN Jember, Senin (30/06). Masing-masing 5 Pendaftar adalah peserta tes sebagai calon mahasiswa regular, 33 peserta tes Beasiswa Studi (BS) Program Doktor PTKIN pilihan studi IAIN Jember dan 11 peserta lainnya program BS dengan pilihan PT lain, sebagaimana program Kementerian Agama (Kemenag) yang berkeinginan untuk meningkatkan kualitas dosen-dosen di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam melalui program 5.000 doktor.

Bisa diketahui Program Beasiswa Studi (BS) merupakan program pemberian bantuan studi S3 di Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PT-DN) kepada para dosen di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk meningkatkan mutu, kapabilitas, dan profesionalitas mereka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Islam yang berorientasi pada peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan.

Direktur Pascasarjana, Prof . Dr. Miftah Arifin, M.Ag menyebutkan bahwa penyelenggaraan tes program beasiswa Doktor ini adalah kali kedua setelah IAIN Jember diberikan kepercayaan oleh Kemenag RI untuk menjadi salah satu penyelenggara beasiswa program 5000 Doktor Kemenag RI. Selain 17 PTKI dan 13 PTU lainnya yang telah dijalin kerjasama.

Miftah mempertegas bahwa penyelenggaraan program Doktor di IAIN Jember ini diharapkan output bagi mahasiswa beasiswa ini kedepan bisa menjadi perancang manajemen pendidikan Islam berbasis pesantren, menjadi pengembang manajemen pendidikan Islam berbasis pesantren, menjadi peneliti pendidikan Islam berbasis pesantren, menjadi pengembang Model Kepemimpinan Spiritual, menjadi model pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan manajemen pendidikan Islam berbasis pesantren.

Adapun khusus beasiswa ini kepada peserta tes yang dinyatakan lulus nantinya akan diberikan beasiswa selama 3 (tiga) tahun atau 6 (enam) semester, dengan komponen sebagai berikut : Biaya Pendaftaran dan Ujian Seleksi; (diberikan bila lulus), Biaya SPP / Tuition Fee (at cost); Biaya Hidup; Biaya Buku dan referensi; Biaya Riset; serta Tunjangan Domisili.

Karenanya semua peserta sebelum mengikuti tes telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, mereka harus sebagai Dosen Tetap PNS pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN); atau Dosen Tetap Yayasan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS); atau; Dosen Tetap (PNS DPK maupun Non PNS) di Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU); atau Dosen Tetap Pendidikan Agama Islam (PAI) di PTU; atau Dosen Tetap Non PNS berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku; dan PNS pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (Minan Jauhari)

LINK TERKAIT
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1051078 kali
FLAG TRAFFIC
    Flag Counter