Kuota Mahasiswa IAIN Jember Jalur SPAN PTKIN Naik Signifikan
Ditulis oleh : Minan Jauhari, S.Sos.I. M.Si - Bidang :

23 Mei 2016 - 17:28:30 WIB

1000 Calon mahasiswa dinyatakan lulus, 5000 lebih peminat lainnya dinyatakan gugur.

HUMAS-Kuota calon mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Sebelumnya IAIN Jember menetapkan kuota hanya 750 kursi, tetapi karena tren pendaftar IAIN Jember mengalami kenaikan yang cukup signifikan, maka IAIN Jember memperoleh tambahan kuota hingga jumlahnya mencapai 1000 kursi calon mahasiswa yang bisa dinyatakan lulus.

“Alhamdulillah, ini merupakan kepercayaan yang luar biasa dari masyarakat terhadap kita, karena sesuai hasil rapat kelulusan SPAN-PTKIN di Jakarta, kampus yang peminatnya sangat banyak, mendapat tambahan kuota,” terang Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE MM, Senin (23/5).

Kata Babun, sesuai data terakhir rekap panitia nasional SPAN PTKIN, ada 6640 calon mahasiswa baru yang berminat mendaftar ke IAIN Jember. “Jika dibandingkan tahun lalu, pendaftarnya semakin meningkat. Tahun lalu, sekitar 4 ribuan,” ungkapnya.

Untuk fakultas yang paling banyak diminati, masih Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), disusul kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Lalu Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah, serta Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora.

“Untuk FTIK sebanyak 3043 pendaftar, FEBI 2049 pendaftar, Fakultas Dakwah 554 pendaftar, Fakultas Syariah 531 pendaftar, dan Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora sebanyuak 463 pendaftar,” papar Babun.

Babun menambahkan, sesuai jadwal panitia nasional, terhitung mulai tanggal 23 Mei pengumuman kelulusan calon mahasiswa melalui jalur SPAN PTKIN. Bisa dilihat secara online, melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id/. Selanjutnya, bagi  calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, maka diwajibkan melakukan proses registrasi pada tanggal 14-15 Juni mendatang. Sangkan yang tidak melakukan registrasi sebagaimana jadwal yang telah ditentukan, maka dinyatakan gugur dengan sendirinya.

Sementara saat ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember masih membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur tes tertulis secara nasional yaitu melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Pendaftaran akan ditutup hingga 03 Juni mendatang.

Adapun pilihan program studi yang ditawarkan oleh IAIN Jember dalam rekrutmen calon mahasiswa baru melalui jalur ini berjumlah 26 Prodi, diantaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, dengan pilihan prodi pendidikan agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), Tadris Bahasa Inggris, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Tadris Matematika, Tadris Biologi; Fakultas Syariah, dengan pilihan prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syaakhsiyyah/AS), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah/MU), Hukum Tata Negara (Siyasah), Hukum Pidana Islam (Jinayah), Zakat dan Wakaf; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dengan pilihan prodi Ekonomi Syariah (ES), Perbankan Syariah (PS), Akuntansi Syariah; Fakultas Dakwah, dengan pilihan prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah; Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora, pilihan prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadis, Bahasa dan Sastra Arab, Serta Sejarah Kebudayaan Islam (Minan Jauhari-Winarno)

LINK TERKAIT
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1051092 kali
FLAG TRAFFIC
    Flag Counter