header-int

Unik, Wisuda IAIN Jember Gunakan Cara Drive Thru

Sabtu, 15 Agu 2020, 11:47:25 WIB - 849 View
Share
Unik, Wisuda IAIN Jember Gunakan Cara Drive Thru

HUMAS- Di tengah pandemi Covid 19,  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Sabtu (15/8/2020), menggelar wisuda. Berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, wisuda kali ini dilaksanakan di halaman kampus dengan cara Drive Thru. Dimana, wisudawan menggunakan kendaraan baik motor, mobil, becak, dan sepeda.

Cara drive thru sengaja dipilih oleh Pimpinan IAIN Jember karena untuk meminimalisir penyebaran covid 19. Selain itu, pelaksanaan wisuda drive thru juga menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat. Bahkan, seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda drive thru, seperti senat, panitia, dan peserta harus menjalani rapid test terlebih dahulu.

“Kita sengaja menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat, karena tingkat penyebaran virus corona masih tinggi. Untuk itu, kita wajibkan seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda, harus melakukan rapid test terlebih dahulu, dan hasilnya harus non reaktif. Jika reaktif, maka tidak boleh ikut dalam kegiatan wisuda,” ungkap Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto.

Dari pantauan di lapangan, proses pelaksanaan wisuda drive thru, hanya wisudawan saja yang turun dari kendaraan untuk dilakukan proses pemindahan tali topi toga. Setelah itu, mereka kembali kendaraan masing- masing dan langsung pulang.

“Ada beberapa pos pemeriksaan yang harus dilalui oleh wisudawan. Jadi, sebelum dilakukan pemindahan tali topi toga, mereka juga dilakukan pemeriksaan suhu, kemudian tangan disemprot dengan hand sanitizer. Kita pastikan bahwa protokol kesehatan benar- benar dijalankan,” ucapnya.

Dari total 302 wisudawan yang mendaftar, yang mengikuti proses wisuda drive thru sebanyak 290 orang. “Kami tidak tahu pasti, mengapa ada yang tidak ikut. Bisa jadi karena factor penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat,” tambah Prof Babun.

Prof Babun juga berterima kasih kepada tim gugus tugas covid 19 Kabupaten Jember, yang juga ikut melakukan supervise secara langsung, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan wisuda drive thru. “Kami mengucapkan terima kasih juga kepada seluruh jajaran panitia, karena berkat kerja keras panitia, acara wisuda drive thru pertama kali ini berlangsung dengan lancer dan sukses,” katanya.

Salah satu wisudawan Lilis Isnaini mengaku cukup senang dengan wisuda model drive thru  tersebut. “Momen ini sangat bersejarah bagi kami, karena wisuda model begini termasuk baru, apalagi ini pertama kali dilakukan di IAIN Jember. Tentu, saya merasa senang karena menjadi bagian dari sejarah ini,” kata Wisudawan Program Pasca Sarjana Prodi PGMI ini. (Humas/ Ahmad WInarno).

iain-jember Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube