header-int

Buka Pendaftaran Jalur Khusus untuk 200 Kursi

Rabu, 26 Agu 2020, 11:27:47 WIB - 1830 View
Share
Buka Pendaftaran Jalur Khusus untuk 200 Kursi

HUMAS - IAIN Jember kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021. Kali ini diberlakukan jalur khusus yang menyediakan kuota sekitar 200 kursi dari semua prodi atau jurusan yang ada di lima Fakultas IAIN Jember.

Jalur khusus kali bisa disebut kesempatan terakhir bagi peminat atau calon mahasiswa yang gagal di jalur sebelumnya. Yaitu jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) atau Ujian Masuk (UM-PTKIN).

Menurut Wakil Rektor I IAIN Jember Prof Miftah Arifin, jalur khusus ini untuk memenuhi kuota yang kosong. Berdasarkan hasil seleksi SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan UM-Mandiri Lokal ada peserta yang tidak melakukan registrasi atau daftar ulang. "Sehingga itu dinyatakan gugur dan otomatis kuotanya kembali kosong. Jadi jalur ini untuk menambal kuota kosong itu," ujarnya. 

Miftah menambahkan, untuk pendaftaran  jalur khusus dibuka pada 18-27 Agustus 2020. Ujian masuknya pada Sabtu (29/8) dan hasilnya diumumkan pada Minggu (31/8). Selanjutnya untuk daftar ulang dilakukan pada 1-5 September mendatang. “Diharapkan dengan dibukanya pendaftaran jalur khusus ini, target kuota keseluruhan: 3500 mahasiswa baru bisa terpenuhi,” paparnya.

Sementara itu Rektor IAIN Jember Prof Babun Suharto menjelaskan, peminat yang mendaftar ke PTKIN setiap tahun selalu menunjukkan adanya trend kenaikan. Termasuk, calon mahasiswa yang mendaftar ke IAIN Jember. “Pada seleksi SPAN dan UM tahun ini saja, jumlah peminat yang memilih IAIN Jember sudah tembus 20 ribu lebih,” paparnya.

Padahal, lanjut Babun, kuota yang disediakan hanya 3500 kursi. Ini menunjukkan bahwa kampus PTKIN masih jadi pilihan terbaik di tengah masyarakat. “Karena itu pimpinan terus berupaya memperaiki sistem dan layanan terbaik. Termasuk melakukan pengembangan kampus yang akan segera alih status menjadi UIN (Universitas Negeri)," pungkasnya. (Humas/Choliq)

iain-jember Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube