header-int

Warek III Lantik Pengurus DEMA Institut

Rabu, 04 Des 2019, 07:29:33 WIB - 548 View
Share
Warek III Lantik Pengurus DEMA Institut

HUMAS - Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa-Institut (DEMA-I) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember periode 2019-2020 resmi dilantik. Ada 30 pengurus di bawah kendali Presiden Mahasiswa Nuria Fina Maulida asal Program Studi (Prodi) Fakultas Dakwah yang dilantik Wakil Rektor III IAIN Jember Dr Hefni Zein. Pelantikan berlangsung di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) lantai 3 Selasa (3/11/2019).

Sebanyak 30 pengurus yang dilantik berada dalam 16 badan struktural DEMA-I. Masing-masing Presiden Mahasiswa (Presma), Wakil Presma, Menteri Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Menteri Luar Negeri (Menlu), Sekretaris Mendagri, Sekretaris Menkumham, Sekretaris Menlu, Dirjen PSDM, Dirjen PMKM, Dirjen Advokasi Kampus, Dirjen Mahasiswa, Dirjen Media Informasi, dan Dirjen Sosial Politik.

Dalam pelantikan itu juga ada orasi ilmiah yang disampaikan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin. S.Sos., M.I.Pol. Tema yang diangkat “Muda Berkarya, Semangat Membangun Bangsa”. Dalam orasinya, La Ode meyampaikan bahwa pemuda saat ini harus banyak referensi dan berperan aktif, khususnya dalam mengantisipasi perkembangan teknologi di era disrupsi.

Menurut La Ode, karena para pemuda nantinya akan menjadi pemimpin bangsa, maka sudah selayaknya harus membekali diri dengan skill. Juga harus memiliki integritas dan berkarakter. “Sebab, sepuluh tahun ke depan tongkat estafet kepemimpinan akan sampai kepada para pemuda yang kini masih duduk di bangku kuliah,” tegas La Ode.

Sementara itu, Rektor IAIN Jember Babun Suharto meminta mahasiswa agar selalu mengamalkan pesan ulama kharismatik KH Achmad Shiddiq. Apalagi setelah ini IAIN Jember akan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri KH Ahmad Shiddiq (UIN KHAS). Pesan KH Achmad Shiddiq yang dikenal dengan empat pilar agar diamalkan itu adalah selalu salat berjamaah, membaca Al-Quran, mencintai Rasulullah dengan senantiasa bersalawat, serta menjauhi penyakit hati dengan cara membiasakan bertabayyyun.

“Dalam peralihan status IAIN menjadi UIN KHAS, maka secara tidak langsung kita menjadi santrinya KH Ahmad Shiddiq. Oleh karena itu kita harus menerapkan dan mengamalkan empat pesan beliau,” papar Babun.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Jember Hefni Zein berharap seluruh pengurus baru DEMA-I mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan kampus saat ini yang segera beralih status menjadi UIN. “Karena ini merupakan masa transisi dari IAIN ke UIN, maka harus banyak beradaptasi dengan dinamika yang berkembang terutama di pentas nasional,” harap Hefni. (Delfi/Choliq)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube