header-int

Training dan Standarisasi Guru Quran Metode Tilawati

Selasa, 03 Des 2019, 07:57:43 WIB - 117 View
Share
Training dan Standarisasi Guru Quran Metode Tilawati

HUMAS - Ma'had Al-Jami'ah IAIN Jember bersama Tilawati Jember menggelar Training dan Standarisasi Guru Quran dengan Metode Tilawati di Aula BSU Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember, Sabtu (30/11). Acara itu diikuti oleh 60 mahasiswa yang terdiri dari para muallim dan segenap pengurus ma'had. Para peserta terlihat antusias mengikuti training tersebut.

Metode Tilawati ini dapat dikatakan berbeda dengan metode yang lain, karena pembelajarannya lebih mudah dipahami oleh peserta didik dan dikemas dengan menyenangkan. Selain mempelajari metode tilawati yang ada, pemateri juga menyampaikan ilmu tajwid yang dikemas dalam bentuk lagu, sehingga tidak monoton dan materi lebih mudah dipahami oleh peserta.

Deffi Puspitasari, salah seorang peserta pelatihan mengaku sangat senang mengikuti training ini. Meski belajarnya menggunakan lagu tapi tetap sesuai dengan tajwid yang barlaku. Selain itu, para ustadnya juga tidak membosankan karena sesekali materinya diselingi ice breaking. “Apalagi ketika menyanyikan lontaran lagu tilawati itu mudah diikuti, menyenangkan, dan tentunya substantif karena berisi materi Quran,” tambah Deffi.

Sementara itu, Achmad Hasan, salah satu tim penguji mengatakan, training dan standarisasi guru Quran ini penting dilakukan, utamanya bagi mahasiswa dan kampus IAIN Jember sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam. Sebab, ma’had sendiri menjadi unit dari IAIN yang menjadi pusat kegiatan keagamaan, khususnya di bidang Al-Quran. 

Lebih lanjut Hasan menambahkan, pelatihan guru Quran dengan metode tilawati ini berlangsung selama dua hari. Training ini diharapkan bisa membantu para mahasiswa dalam memenuhi target yang dibebankan oleh kampus IAIN Jember. Yaitu, mahasiswa harus bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. 

Sebab, kecakapan bisa membaca Quran ini dijadikan salah satu syarat untuk bisa mengikuti ujian skripsi, mengikuti program Praktik Penyuluhan Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KNN). “Selepas dari IAIN, para alumni nantinya diharapkan bisa membaca Quran dengan benar, memahami ilmu agami, dan tentunya sudah siap diterjunkan di masyarakat,” tandas Hasan. (Aqin/Choliq)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube