header-int

Tim Asesor BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi S1 Ekonomi Syariah

Selasa, 10 Jul 2018, 10:26:08 WIB - 380 View
Share
Tim Asesor BAN-PT Visitasi Akreditasi Prodi S1 Ekonomi Syariah

Humas (Jember) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mendapat kunjungan dari tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam akreditasi Program Studi (Prodi) S1 Ekonomi Syariah dari tanggal 8 hingga 10 Juli 2018.

Akreditasi program studi pada Perguruan Tinggi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap kompetensi prodi dalam melaksanakan kegiatan akademik yang telah memenuhi standar mutu serta menghasilkan lulusan sesuai standar BAN-PT.

Tim asesor BAN-PT terdiri dari dua orang yaitu Dr. Haryadi, M. Sc (Universitas Jenderal Soedirman) dan Dr. Naqiyah, M. Ag (IAIN Purwokerto) dan disambut oleh Pimpinan Institut, pimpinan Fakultas, Kajur, Prodi, dosen dan tenaga kependidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Senin (9/7) di gedung FEBI IAIN Jember.

Kepala Biro Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Jember Abd. Syakur menjelaskan bahwa proses akreditasasi menjadi bagian penting sebagai jaminan standart mutu penyelenggaraan pendidikan.  Menurutnya, proses akreditasi prodi menjadi bagian dari evaluasi proses penyelenggaraan prodi Ekonomi Syariah FEBI yang telah berlangsung selama ini.

Kaitan dengan hal itu, Abd. Syakur berharap proses reakreditasi prodi menghasilkan nilai yang memuaskan sehingga mendorong peningkatan mutu lulusan dari prodi Ekonomi Syariah FEBI. “Kami berharap, alumni dari Prodi Ekonomi Syariah akan semakin kompetitif di tengah persaingan dunia kerja”, demikian ungkap Kepala Biro mewakili Rektor IAIN Jember.

Dekan FEBI IAIN Jember Moh. Chotib menuturkan bahwa asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Prodi S1 Ekonomi Syariah FEBI IAIN Jember. “Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, kami dan seluruh jajaran FEBI berharap agar Prodi S1 Ekonomi Syariah memperoleh predikat akreditasi yang memuaskan”, ungkap Moh. Chotib.

Dikatakan Chotib, proses akreditasi ini menjadi sarana evaluasi penyelenggaraan progam studi Ekonomi Syariah FEBI IAIN Jember. “Dari proses akreditasi ini, ke depan kami berharap untuk terus meningkatkan manajemen lebih baik dalam mengembangkan mutu pendidikan di lingkungan FEBI”, tutur Moh. Chotib.

Sebagai informasi, Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah di IAIN Jember menjadi prodi favorit yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah juga menjadi program studi paling banyak diminati secara nasional oleh calon mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang mendaftar melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN). Tren pendaftar Prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah bahkan terus naik dari tahun ke tahun.

Hadir dalam kegiatan ini, jajaran pimpinan IAIN Jember, Kepala Biro, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Kepala Unit, jajaran pimpinan FEBI, dosen serta tenaga kependidikan di lingkungan FEBI IAIN Jember. (humas/wildanhef)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube