header-int

Terjunkan Mahasisw KKN Partisipatoris ke 65 Dusun

Rabu, 11 Jul 2018, 13:46:43 WIB - 455 View
Share
Terjunkan Mahasisw KKN Partisipatoris ke 65 Dusun

IAIN Jember- Sedikitnya 759 mahasiswa dari berbagai fakultas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, diterjunkan ke 65 Dusun yang tersebar diempat kecamatan Kabupaten Jember, melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Partisipatoris.

Masing-masing Empat Kecamatan sebagai lokasi KKN itu adalah Kecamatan Mayang, 21 posko tersebar di enam desa, Kecamatan Mumbulsari, 22 Posko tersebar di enam desa, Kecamatan Ledokombo 8 Posko tersebar di dua desa, dan Kecamatan Sumberjambe 14 Posko tersebar di dua desa.

Diketahui, KKN Partisipatoris merupakan salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat sebagaimana perwujudan atas tri Dharma Perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh IAIN Jember ditingkat mahasiswa.

Pelaksanaan KKN, akan berlangsung selama satu bulan lebih kedepan, terhitung sejak penyerahan peserta KKN kepada pemerintahan kecamatan setempat dimasing-masing kantor kecamatan, yang dilaksanakan pada hari selasa (10/5).  

Sebagai peserta KKN, selain diikuti oleh 759 mahasiswa IAIN Jember, juga diikuti oleh 20 mahasiswa PTKIN lain, masing-masing lima mahasiswa berasal dari STAIN Bengkalis, lima mahasiswa berasal dari IAIN Samarinda, lima mahasiswa berasal dari IAIN Fattahul Muluk Papua, dan lima mahasiswa asal IAIN Palangkaraya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember, Muhibbin, M.Si menegaskan bahwa KKN Partsipatoris ini merupakan bagian dari upaya untuk meneguhkan serta membangun nilai kebangsaan dan nasionalisme khususnya bagi mahasiswa IAIN Jember dan empat PTKIN lain yang bergabung dalam KKN ini.

“Sebelum diterjunkan, kami telah memberikan tambahan pengetahuan melalui kegiatan orientasi sebelum pemberangkatan ke lokasi KKN.harapan kami, bekal pengetahuan ini dapat menjadi modal tambahan bagi peserta KKN yang akan melakukan pengabdian masyarakat di lokasi KKN. Dengan begitu mahasiswa bisa membantu masyarakat dalam rangka melakukan upaya perubahan kearah yang lebih baik”. Ungkap Muhibbin.

Muhibbin mempertegas bahwa LP2M selaku pelaksana kegiatan KKN ini, telah menentukan lokasi dengan pilihan wilayah dusun sebagai basis pengabdiannya. Harapannya Participatory Action Research (PAR) sebagai pendekatan pengabdian bisa terlaksan dengan sebaik-baiknya..

Sebelumnya, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, H. Nur Solikin, S.Ag., M.H dalam kesempatan acara pelepasan dan pembekalan telah mewanti-wanti kepada semua peserta KKN agar selama pelaksanaan KKN ini berlangsung, mahasiswa IAIN Jember bisa melaksanakan KKN sebagaimana petunjuk dan pedoman KKN yang telah ditentukan.

Pesan yang paling terpenting bagi Solikin kepada setiap peserta adalah masing-masing secara personal harus bisa menjaga dirinya dan nama baik almamater kampus IAIN Jember yang nota benenya sebagai keluarga besar Kementerian Agama RI, “mudah-mudahan KKN tahun 2018 ini dapat terlaksana dengan baik hingga bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat secara langsung” Harap Solikin. (Minan Jauhari)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube