header-int

Satuan Pengawas Internal Selenggarakan Pelatihan Penyusunan SBK dan TOR

Selasa, 25 Sep 2018, 16:13:11 WIB - 155 View
Share
Satuan Pengawas Internal Selenggarakan Pelatihan Penyusunan SBK dan TOR

IAIN Jember- Satuan Pengawas Internal (SPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menyelenggarakan pelatihan penyusunan Standart Biaya Khusus (SBK) dan Term of Reference (TOR). Pelatihan ini dimaksudkan sebagai sarana untuk meningkatkan good governance pada kinerja perguruan tinggi IAIN Jember.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan, SPI menjadi harapan civitas akademika yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan terhadap seluruh unit kerja di lingkungan IAIN Jember. Rektor berharap, SPI dapat berfungsi maksimal dalam proses monitoring dan evaluasi kinerja di seluruh unit dan lembaga IAIN Jember.

“Kami berharap, SPI dapat berjalan maksimal dalam menjalankan perannya melakukan peninjauan ulang dan evaluasi terhadap proses pengendalian kegiatan. Ini semua menjadi tugas kita bersama untuk terus memonitor dan melakukan evaluasi secara berkelanjutan memastikan setiap tahapan dilakukan secara tepat dan benar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan”, ungkap Babun saat membuka kegiatan Pelatihan dan Penyusunan TOR dan perumusan SBK di Gedung Surahman Universitas Negeri Jember, Selasa (25/9).

Babun berharap SPI IAIN Jember dapat menggunakan strategi, ruang lingkup, metode, dan frekuensi pengawasan intern secara independen agar kinerja internal dapat berjalan dengan baik. Strategi itu dapat dilakukan dalam bentuk pembekalan pengetahuan kepada seluruh unit dan lembaga di ligkungan IAIN Jember.

 “Karena itu, dalam konteks peningkatan kemampuan itu, kegiatan ini sangat strategis untuk menggali pengetahuan yang produktif  khususnya dalam pemahaman tentang sistem dan mekanisme perencanaan anggaran dan juga pemahaman tentang RKAKL”, tutur Rektor.

Sekretaris Satuan Pengawas Internal IAIN Jember Retna Anggitaningsih menuturkan bahwa kegiatan ini terlaksana hasil dari kerjasama IAIN Jember dengan Universitas Negeri Jember (UNEJ). Dikatakan Retna, kerjasama antara SPI IAIN Jember dan SPI UNEJ ini merupakan kerjasama yang kelima yang dikemas dalam bentuk kegiatan orientasi dan pelatihan.

“Kali ini kami melanjutkan kerjasama dalam rangka pengautan pemahaman dalam penyusunan TOR dan SBK. Kami berharap, kegiatan ini dapat berkontribusi besar terhadap pemahaman kita dalam persoalan tarif kegiatan antar unit kerja berdasar realisasi anggaran sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman tentang penyusunan TOR agar perencanaan sebuah kegiatan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan perundanga-undangan yang berlaku”, demikian ungkap Retna.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini antara lain Drs. Wachju Subchan, MS, Ph.D dan Dr. Ir. Tri Candra Setyowati, M.Si. Kegiatan ini diikuti Kepala Biro AUAK IAIN Jember, seluruh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Aministrasi, Kepala Lembaga dan Unit, Kabag Fakultas dan Kasubag Keuangan, Kabag Perencanaan dan Keuangan, Kasubag Perencanaan dan Kasubag Keuangan Institut, dan Kasubag Lembaga serta Pasca Sarjana. (wildan/humas)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube