header-int

Rektor dan Tim LP2M Tinjau Lokasi KKN di Sumberjambe

Senin, 08 Feb 2021, 19:33:10 WIB - 340 View
Share
Rektor dan Tim LP2M Tinjau Lokasi KKN di Sumberjambe

Humas-Rektor Institut Agama Islam Negeri Jember hari ini (8/2) bersama Tim LP2M melakukan monitoring dan evaluasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tiga desa kecamatan Sumberjambe kabupaten Jember. Tiga lokasi yang dikunjungi yaitu Sumberpakem, Pringgodani, dan Cemedak.

Kegiatan monev ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh lembaga dalam rangka meninjau dan mengevaluasi setiap program kerja mahasiswa yang melaksanakan pengabdian di masyarakat. Selain itu, tim LP2M juga melihat progress program kerja yang telah dilaksanakan di masyarakat.

Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat, Haryu mengatakan ada lima desa tempat mahasiswa pengabdian di kabupaten Jember. “Sebenarnya ada lima desa di kabupaten Jember yang diizinkan untuk melaksanakan KKN yaitu Sumberpakem, pringgodani, Cemedak, Randuagung, Rowosari. Lima desa ini sesuai dengan pertimbangan dan rekomendasi dari Bankesbanpol”

Haryu juga menyebutkan program KKN ini merupakan satu wujud pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang memiliki tiga tujuan.

“Pertama, untuk  mewujudkan visi misi UIN KHAS dan melakukan pengembangan masyarakat melalui LP2M. Kedua, untuk memberikan pengaruh berupa pengetahuan dan skill Dosen Pembimbing Lapangan KKN dalam pemberdayaan komunitas di masyarakat yang berbasis komunitas, dan ketiga, menjadikan LP2M sebagai core atau inti dalam mewujudkan visi misi UIN KHAS” ungkapnya.

Selain itu, Rektor IAIN Jember, Prof. Babun juga memberi arahan kepada mahasiswa pengabdian di lokasi KKN. “Jangan sampai di desa ini masuk kelompok-kelompok radikal dan ekstrem. Terus lakukan pendekatan kepada masyarakat, buatlah program-program unggulan untuk mengembangkan desa. Dan jika sudah selesai KKN tetep sambung silaturahim dengan masyarakat” ujar rektor.

Selain itu, di akhir monev ini sebelum menuju lokasi KKN lain Prof. Babun juga berpesan kepada mahasiswa untuk terus menjaga kesehatan terutama protokol kesehatan dan selalu menjaga nama baik IAIN Jember. (Humas/Naimah)
 

iain-jember Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah diresmikan oleh Menteri Agama RI pada awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2021 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube