header-int

Prodi BKI Fakultas Dakwah Kampanyekan Hak Difabel

Selasa, 03 Des 2019, 21:39:36 WIB - 257 View
Share
Prodi BKI Fakultas Dakwah Kampanyekan Hak Difabel

HUMAS - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada 3 Desember, Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling Islam (BKI) IAIN Jember menggelar kampanye kepedulian dan dukungan kepada penyandang cacat. Salah satu tujuan yang diharapkan agar masyarakat lebih peduli dalam menghargai hak, martabat dan kesejahteraan penyandang disabilitas. Kegiatan kampanye itu berlangsung Selasa (3/12) di kampus IAIN Jember. 

Mahasiswa menggelar aksi dengan berjalan kaki dari Gedung kuliah G hingga ke Gedung Akademik Rektorat sembari berorasi. Beberapa orasi yang disampaikan antara lain mengajak masyarakat untuk menghargai dan menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas. “Mari kita bersama peduli dan menghargai keberadaan saudara-saudara kita penyandang disabilitas,” teriak salah seorang mahasiswi.

Aksi tersebut menarik perhatian segenap civitas akademika. Sebab, mereka menampilkan beberapa pertunjukan. Diantaranya, arak-arakan dengan maskot yang berperan sebagai disabilitas. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan teatrikal bahasa isyarat serta menggelar poster berisi pesan edukatif dan dukungan kepada penyandang difabel. Terutama memberi penyadaran akan pentingnya menghargai perbedaan. 

Tidak hanya itu, aksi ini juga diselingi dengan penggalian dana yang hasilnya akan disalurkan kepada yayasan penyandang cacat di Jember.

Koordinator aksi Ayu Puspita Sari kepada Humas IAIN Jember menyatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk menyambut Hari Disabilitas Internasional. Tujuannya memberi penyadaran masyarakat agar menghormati dan menghargai keterbatasan fisik maupun psikis yang disandang difabel. “Sebab, sebenarnya mereka juga memiliki hak yang sama dengan kita. Jadi tidak boleh ada diskriminasi atau pembeda diantara kita," papar Ayu.

Ayu berharap, setelah kegiatan ini tidak ada lagi masyarakat yang melirik sebelah mata para penyandang difabel. Apalagi, di antara mereka juga tak sedikit yang memiliki prestasi, potensi dan kesempatan yang sama untuk berkembang. "Jadi, ini tugas utama kita selaku mahasiswa konseling untuk bisa mengubah asumsi negatif di masyarakat terhadap difabel," tegasnya. 

Sementara itu, Rektor IAIN Jember Prof Dr Babun Suharto yang kebetulan melihat aksi mahasiwa prodi BKI Fakultas Dakwah di depan kantornya akhirnya ikut nimbrung. Babun mengapresiasi para anak didiknya yang melakukan aksi kemanusiaan itu. Menurutnya, aksi kepeduliaan seperti inilah yang seharusnya banyak dilakukan oleh mahasiswa.

"Saya kira aksi seperti ini yang patut dicontoh. Karena mahasiswa sudah menunjukkan kepedulian kepada difabel. Sudah sepatutnya kita harus memberikan akses bagi mereka dengan lebih baik lagi, baik dari segi jalan maupun wadah untuk tempat belajar," tandas Babun. (Aqin/Choliq)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube