header-int

Pramuka UIN KHAS Jember Lakukan Program Zakat 2.5 Ton Beras

Sabtu, 08 Mei 2021, 09:45:19 WIB - 330 View
Share
Pramuka UIN KHAS Jember Lakukan Program Zakat 2.5 Ton Beras

Pramuka Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember, Kamis (6/5/2021), berikan kepedulian sosial kepada masyarakat melalui kegiatan Program Zakat 2,5 ton. Kegiatan pendistribusian zakat sebanyak 2.5 ton beras ini dilakukan di Desa Glagahwero Kalisat Jember dengan dihadiri Majelis Pembina Gugus Depan, Purnabhakti dan Anggota Pramuka UIN KHAS Jember sebanyak 70 orang. 

Menurut Ketua Panitia Program Zakat 2,5 ton M. Faishol Abda’, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan karakter peduli sosial dan semangat berbagi kepada masyarakat khususnya bagi anggota Pramuka UIN KHAS di penghujung bulan Ramadhan ini. ”Program Zakat 2.5 ton diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin setiap tahun khususnya di Bulan Ramadhan dan dilaksanakan di tempat yang berbeda. Zakat beras ini diperoleh dari salah satu Hamba Allah sebagai mitra Pramuka UIN KHAS Jember yang tahun ini diberikan kepada 800 mustahiq yang berada di empat dusun, yakni dusun Krajan I dan Krajan II, dusun Prasehan I dan Prasehan II yang ada di Desa Glagahwero Kalisat Jember”, tuturnya.

Sementara Pembina Gugus depan Pramuka UIN KHAS Jember Sukarno mengatakan, “Zakat merupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim, dan ini menyadarkan kita bahwa perintah agama harus dilaksanakan. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi pembelajaran dari banyak pihak, pada adik-adik supaya kedepan juga bisa mengeluarkan zakat fitrah jika sudah mempunyai kemampuan, dan memberikan pembelajaran kepada masyarakat yang punya kemampuan agar mengeluarkan zakat fitrah”, ujarnya.

Kegiatan ini direspon oleh masyarakat dengan sangat antusias. “Kegiatan ini sangat membantu sekali”, ungkap salah satu warga yang bernama Bu Revan. Didik Supriyadi selaku Kepala Desa Glagahwero yang baru saja selesai masa periodenya juga menambahkan, “Saya mewakili masyarakat sangat senang dan berterima kasih atas pendistribusian zakat fitrah yang diadakan oleh adik-adik pramuka UIN KHAS Jember, harapannya untuk tahun-tahun berikutnya lebih giat lagi.” Ungkapnya. (Adit, MAZ, Dandy)

iain-jember Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah diresmikan oleh Menteri Agama RI pada awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2021 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube