header-int

Pimpinan IAIN Jember Ziarah ke Makam Ulama

Senin, 06 Jan 2020, 22:08:24 WIB - 1041 View
Share
Pimpinan IAIN Jember Ziarah ke Makam Ulama

HUMAS – Kiprah dan perjuangan ulama dan tokoh kemerdekaan tidak bisa dianggap sebelah mata. Meskipun telah tiada, nama mereka tetap harum dan tersohor di seluruh Nusantara. Hal itulah yang menggerakkan banyak orang singgah di tempat peristirahatan terakhirnya. Tak hanya mendoakan, mereka berharap bisa meneladani dan mengambil pelajaran berharga dari sang pelopor.

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pimpinan IAIN Jember saat memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-74. Para pimpinan IAIN yang terdiri dari rektor, wakil rektor, dekan, pembantu dekan, serta kepala unit yang ada di IAIN Jember mengagendakan ziarah kubur ke beberapa ulama dan pahlawan Jember. Seperti ke makam KH Muhammad Shiddiq, KH Muchit Muzadi, dan Letkol Sroedji. “Ini perjalanan religi untuk meningkatkan ketakwaan kita yang masih hidup,” ucap Babun Suharto, Rektor IAIN Jember. 

Menurut Babun, ziarah kubur bukan hanya sekedar ritual keagamaan. Lebih dari itu, dia meyakini banyak hal yang bisa diambil pelajaran berharga. Tokoh-tokoh yang diziarahi bukan sembarang orang, tapi mereka yang memiliki sumbangsih yang besar terhadap perjalanan bangsa dan agama. Babun mencontohkan KH Muhammad Shiddiq, Ulama Jember yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jember. 

Tak hanya itu, KH Muhammad Shiddiq juga dikenal karena memiliki keturunan yang memiliki kiprah tak jauh hebat, yaitu KH Ahmad Shiddiq. “Beliau layak jadi pahlawan nasional, ulama yang memperjuangkan kedudukan Islam dan Pancasila hingga bisa diterima oleh masyarakat banyak,” jelasnya.

Usai mengunjungi makam KH Muhammad Shiddiq yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Kaliwates, mereka juga menyisihkan waktu untuk singgah ke makam KH Muchit Muzadi yang terletak di Jalan Kalimantan VIII, Kelurahan/Kecamatan Sumbersari. Tokoh tersebut, lanjut Babun, memiliki andil besar terhadap kampus yang dipimpinnya saat ini. 

Bahkan, Kiai yang tutup usia pada usia 90 tahun itu sempat beberapa kali menjadi Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). “Beliau adalah salah satu tokoh pejuang NU di Jember dan perintis keberadaan perguruan tinggi keagamaan Islam di Jember,” jelasnya. 

Sehingga, sebagai tokoh dan ulama yang memiliki kiprah besar, baik KH Muchit Muzadi dan KH Muhammad Shiddiq, saat ini makamnya masih menjadi tempat wisata religi. Tak hanya masyarakat umum, sejumlah tokoh politik kerap menziarahi makam kedua ulama tersebut. 

Ziarah kubur yang berlangsung pada Kamis (2/1) kemarin berlangsung cukup khidmat. Dengan diawali salat Dhuha berjamaah, mereka menabur bunga berikut juga membacakan doa-doa. Rombongan juga menyempatkan mengujungi makam salah satu pahlawan Jember yang terkenal dengan aksi heroiknya, yakni Letkol Mochammad Sroedji. 

Berkat keberanian dan kecintaannya kepada negara itu, membuatnya namanya dikenang hingga saat ini. “Beliau gugur di usia 35 tahun, cukup muda. Tapi di situ letak pelajaran berharganya,” imbuh Babun. 

Selain itu, Babun beserta beberapa pimpinan IAIN yang lain juga melakukan tanam pohon kurma di area Lapangan Imam Nahrawi IAIN Jember usai upacara Peringatan HAB Kemenag.

Dia berharap, ziarah ke makam ulama dan pahlawan yang baru pertama kali dilakukan bersama pimpinan IAIN yang lain, bisa menguatkan spiritual dan semangat nasionalisme. “Karena seluruh pegawai Kementerian Agama itu bekerja untuk melayani umat, jadi kesalehan dan loyalitas harus berjalan beriringan,” pungkasnya. (erje/choliq/humas)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube