header-int

Persiapkan Alih Status, IAIN Jember Gelar FGD Bersama Tokoh Agama

Jumat, 31 Mei 2019, 20:05:28 WIB - 453 View
Share
Persiapkan Alih Status, IAIN Jember Gelar FGD Bersama Tokoh Agama

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jumat (31/5), menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama puluhan tokoh agama. FGD itu sengaja digelar sebagai bentuk keseriusan menyiapkan alih status dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Ada tiga pembicara dalam acara tersebut, Yakni Ketua Tim Penyusun Naskah Akademik Alih Status, Abdul Halim Soebahar , lalu Putra KH Ahmad Siddiq, KH Muhammad Firjoun Barlaman, dan Pengasuh Pondok Pesantren Ashri, KH Ayyub Syaiful Rizal.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IAIN Jember, Babun Suharto, memaparkan jika alih status IAIN Jember menjadi UIN Jember, bukan hanya menjadi wacana saja, tetapi prosesnya sudah di depan mata. “Kita sangat serius dalam menyiapkan alih status ini, bahkan kita sudah presentasi di Bogor beberapa waktu yang lalu,” katanya.

Selain itu, jika IAIN Jember telah alih status menjadi UIN Jember, banyak permintaan untuk diberi nama UIN KH Ahmad Siddiq. “Jadi kita ingin pandangan dan pendapat dari tokoh- tokoh agama, untuk pemberian nama KH Ahmad Siddiq tersebut. Jika di kampus lain menggunakan nama- nama Wali Songo, kita di IAIN Jember ingin menggunakan nama besar KH Ahmad Siddiq,” tambahnya.

Babun mengaku, nama besar KH Ahmad Siddiq sengaja dipilih karena banyaknya permintaan dari masyarakat dan tokoh agama di Jember. “Selain itu, banyak kesamaan antara pemikiran KH Ahmad Siddiq dengan  visi besar kita, yakni Islam Nusantara. Dimana, ciri khas kita adalah Islam moderat dan menghargai budaya lokal,” terangnya.

Babun berharap, alih status IAIN menjadi UIN Jember paling lambat tahun 2021 mendatang. “Prosesnya begitu panjang, makanya kita berharap secepatnya sudah bisa alih status,” tutupnya.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Ashri, KH Ayyub Syaiful Rizal, mengapresiasi langkah IAIN Jember tersebut. “Ini tentu baik, tetapi kita berharap, Sivitas Akademika IAIN Jember harus mampu menunjukkan wajah perguruan tinggi Islam yang moderat, dan penjaga Ahlussunnah Wal Jamaah,” pintanya. (Humas/ Ahmad Winarno)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube