header-int

Penghafal Al Qur`an Bisa Kuliah Gratis di IAIN Jember

Jumat, 07 Apr 2017, 10:37:27 WIB - 1179 View
Share
Penghafal Al Qur`an Bisa Kuliah Gratis di IAIN Jember

Jember, (6/4).

IAIN Jember akan menggratiskan SPP untuk para penghafal Al Qur`an (hafidz) 30 juz yang akan mendaftar sebagai mahasiswa. Menurut Wakil Rektor 1 IAIN Jember,  Nur Sholikhin, mulai tahun ini pihaknya membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada para penghafal al Qur’an khususnya yang hafal 30 juz untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru dan dikenakan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) Rp0,- alias SPP gratis. Hal ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para hafidz.

“Langkah ini sebagai upaya kami mencarikan jalan agar mereka (para hafidz) tidak perlu bingung biaya kuliah. Saya terinspirasi dari IPB yang sudah mulai memberikan beasiswa kepada para hafidz. Masak, mengapa kita yang kampus Islam malah tidak memberikan penghargaan?” ungkap Wakil Rektor Bidangi Akademik ini.

Selain itu, ia juga mengundang hafidz dan hafidzah yang belum hafal 30 juz untuk mendaftar di kampus yang berada di jalan Mataram Mangli Kaliwates ini. Namun khusus bagi hafidz 15 juz mereka tidak perlu lagi mengikuti tes. Mereka bisa langsung mendaftar dan mendapatkan keringanan biaya SPP.

“Nah, sedangkan untuk yang hafal 15 juz nantinya akan kami kenakan UKT terendah, yakni Rp400.000,-/semester. ” tambah pria yang pernah menjadi Anggota Panwaslu Jawa Timur tersebut.

Nur Sholikhin memaparkan, setiap tahun IAIN Jember sebenarnya sudah memberikan beasiswa kepada para mahasiswa yang hafal Qur’an, bahkan yang belum sampai 30 juz. Namun, lanjutnya, mereka menjalani tes terlebih dahulu terkait kemampuan hafalannya dan menunjukkan bukti yang sah.

Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. memberi dukungan penuh atas terobosan yang diambil Wakil Rektor I tersebut. Menurutnya, selain hafal al Qur’an, mahasiswa miskin juga diberikan beasiswa. Ke depan akan lebih luas lagi sasaran calon mahasiswa yang akan diberi beasiswa.

“Seperti mereka yang berprestasi nasional. Itu kan perlu kita apresiasi juga dengan bantuan pendidikan” pungkasnya.

IAIN Jember sejak bulan Maret lalu sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru. Pendaftaran dilakukan dalam tiga tahap dengan kuota mahasiswa 2.500 kursi. Pertama, melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yang akan berakhir 7 April 2017. Kedua, jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang pendaftarannya dibuka 10 April-10 Mei 2017. Sedangkan terakhir, melalui Ujian Masuk (UM) IAIN Jember atau seleksi lokal. Tercatat, jumlah pendaftar jalur SPAN PTKIN saja hingga Kamis siang mencapai angka 7.288 orang.  

(humas-wud)


IAIN JEMBER Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2017 IAIN JEMBER Follow IAIN JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube | Maintenance by UPT - TIPD