header-int

Pendaftaran UM PTKIN dibuka, 3 Point Ini Perlu Dicatat

Kamis, 01 Apr 2021, 15:44:39 WIB - 683 View
Share
Pendaftaran UM PTKIN dibuka, 3 Point Ini Perlu Dicatat

Humas - Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa baru Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN) telah menggelar sosialisasi Ujian Masuk PTKIN (UM-PTKIN), Rabu (31/3). Sosialisasi dilakukan secara daring, diikuti seluruh panitia lokal pelaksana ujian masuk PTKIN se-Indonesia.

Sosialisasi ini diadakan tepat sehari sebelum dibukanya pendaftaran UM-PTKIN pada 1 April 2021. Adapun tujuannya untuk meningkatkan kesiapan seluruh PTKIN di Indonesia akan pelaksanaan UM-PTKIN. Materi yang disampaikan dari teknis pendaftaran, pembayaran sampai dengan pelaksanaan ujian yang semuanya dilakukan secara online.

Dalam pembukaannya, pimpinan rapat Dr. Heri Hadiono berharap penyelenggaraan UM PTKIN ini berjalan lancar dan tidak menemui kendala apapun. “Pendaftaran UM PTKIN berlangsung selama satu bulan lebih, dan dilakukan secara online dengan sistem SSE (sistem seleksi elektronik). Semoga semuanya berjalan lancar dan sukses.” Ungkapnya.

Selama sosialisasi, terdapat beberapa persyaratan penting yang harus digarisbawahi mengingat pelaksanaan UM PTKIN dilakukan secara online, agar meminimlisir terjadinya kesalahan pada saat pelaksanaan pendaftaran, pembayaran maupun ujian. “Pertama, Peserta wajib mendaftarkan nomor HP dan email yang aktif karena user dan PIN akan dikirim melalui salah keduanya. Kedua, peserta diharapkan berada dalam jangkauan sinyal selular minimal H+ dan memiliki kuota internet yang cukup. Dan yang terakhir, biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 dan dibayarkan dengan metode transfer bank atau virtual account.” terang Nur Afif salah satu teknisi Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN.

“Setelah melunasi pembayaran, peserta akan menerima SIP (slip intruksi pembayaran) dari bank ke nomor HP maupun email peserta. Di dalamnya terdapan user dan PIN untuk login dan melanjutkan proses pendaftaran sampai cetak kartu ujian.” tambahnya.

Selain itu, tata tertib ujian online dan intruksi lainnya juga dijelaskan di bagian kartu ujian yang telah dicetak. Sehingga memudahkan peserta untuk melihat kembali tata tertib yang diberlakukan. (Humas/Cahya)

iain-jember Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah diresmikan oleh Menteri Agama RI pada awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2021 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube