header-int

Mahasantri Baru Mahad Al Jamiah IAIN Jember Mulai Tempati Asrama

Senin, 12 Agu 2019, 13:15:51 WIB - 223 View
Share
Mahasantri Baru Mahad Al Jamiah IAIN Jember Mulai Tempati Asrama

Mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember yang menempati Ma’had Al Jami’ah mulai berdatangan. Bahkan, mayoritas mereka diantar langsung oleh orang tuanya, untuk melihat kondisi langsung kamar yang akan ditempati.

Direktur Ma’had Al-Jami’ah Fathor Rahman JM mengatakan, sesuai dengan keputusan hasil rapat pengurus, mahasantri baru mulai masuk Ma’had sejak tanggal 12-16 Agustus mendatang. “Kami beri waktu selama tiga hari untuk mulai masuk ke Ma’had, karena bisa jadi alamat mereka ada yang jauh dari Jember,” katanya, Senin (12/8).

Ma’had Al-Jami’ah merupakan salah satu unit kelembagaan di bawah naungan IAIN Jember. Ma’had Al-Jami’ah  merupakan pesantren kampus yang telah masuk dalam sistem pendidikan nasional. “Jadi, kami juga memiliki peran dan tanggungjawab yang besar, dalam membangun sumber daya manusia, terutama mahasiswa,” terangnya.

Menurut Fathor, selama berada di Ma’had selama satu tahun lamanya, Mahasantri akan digembleng secara khusus dengan kurikulum yang disesuaikan dengan visi IAIN Jember, yakni pusat kajian dan pengembangan Islam Nusantara.

“Berbagai kegiatan ma’had baik terkait dengan program kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, kesemuanya diarahkan pada pemberdayaan potensi dan kegemaran mahasantri  untuk mencapai target profil lulusan, yang memperkuat visi kelembagaan IAIN Jember yakni menjadi pusat kajian dan pengembangan Islam Nusantara yang religius, intelektual dan professional” ungkap Fathor.

Harapannya, lanjut Alumni Pondok Pesantren An Nuqoyyah ini, mahasantri nantinya mampu memadukan dzikir, fikir dan amal saleh, kemudian membangun kecerdasan spiritual, emosional, dan intelektual, serta mengembangkan dan menerapkan ilmu, teknologi, sosial, budaya, dan seni.

Untuk itulah, kata dia, pada tanggal 16 Agustus mendatang, Pengurus Ma’had Al Jami’ah akan mengundang wali mahasantri, untuk mensosialisasikan program sekaligus berkenalan dengan seluruh pengurus. “Kami akan undang seluruh wali mahasantri, agar bisa berkenalan sekaligus bisa berdialog langsung dengan kami,” tutupnya. (Humas/ Ahmad Winarno)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube