header-int

KKN Lintas Nusantara, Lima Mahasiswa diterjunkan ke Mataram

Kamis, 12 Jul 2018, 17:30:50 WIB - 424 View
Share
KKN Lintas Nusantara, Lima Mahasiswa diterjunkan ke Mataram

IAIN Jember- Sedikitnya Lima mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember diterjunkan ke Mataram untuk melaksanakan KKN Lintas Nusantara. Mereka selain akan bergabung dengan mahasiswa KKN asal UIN Mataram juga akan bergabung dengan mahasiswa KKN asal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Eks Sunan Ampel lainnya. 

Masing-masing peserta KKN Lintas Nusantara ini adalah 1846 Mahasiswa asal UIN Mataram, 7 Mahasiswa asal UIN Maliki Malang, 5 Mahasiswa asal IAIN Samarinda, 10 Mahasiswa asal IAIN Kediri, 5 Mahasiswa asal IAIN Tulungagung dan 5 mahasiswa asal IAIN Ponorogo.

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember, Muhibbin, KKN Lintas Nusantara tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menanam nilai kebangsaan dan nasionalisme di dada peserta KKN. 

Dengan KKN tersebut, katanya, diharapkan mereka dapat berbaur dengan masyarakat satempat yang berbeda budaya, suku dan bahasa. Namun mereka tetap warga Indonesia.

" walaupun mereka berbeda tapi disatukan oleh bangsa yang sama, Indonesia," katanya kepada Redaksi di sela-sela pelepasan peserta KKN Lintas Nusantara di Kampus UIN Mataram, Kamis (12/7).

Ia menambahkan bahwa KKN Lintas Nusantara ini adalah wujud nyata dari kepedulian IAIN Jember untuk memberikan fasilitasi pendampingan kepada masyarakat juga dalam upaya ikut serta melakukan advokasi masyarakat Mataram khususnya dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Jadi, selain memberikan fasilitas sehingga tumbuh penyadaran masyarakat atas problem kehidupan juga tak kalah pentingnya melakukan fasilitasi atas penyadaran untuk mencintai NKRI," terangnya.

Sementara itu, Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Mutawali, M.Ag dalam kesempatan penyampaian kata sambutan saat pelepasan mahasiswa KKN, berhahap agar KKN tersebut bisa menjadi ajang pengabdian sekaligus perekat lintas daerah dan suku, khususnya antar peserta KKN, Selain itu juga menjadi sarana membangun tali silaturrahim antar perguruan tinggi eks Sunan Ampel Surabaya.

"Semoga KKN ini dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa PTKIN yang diterjunkan untuk bisa melakukan pengabdian pada masyarakat khususnya di Mataram," harapnya.

Sementara, Peserta KKN Lintas Nusantara, akan diterjunkan di Tiga Kabupaten, masing-masing adalah Kabupaten Lombok Timur tersebar di delapan Kecamatan, Kabupaten Lombok Tengah tersebar di Lima Kecamatan dan Kabupaten Lombok Barat tersebar di lima kecamatan. Total desa yang dijadikan sebagai lokasi dalam KKN ini sebanyak 113 Desa di Seluruh Kabupaten. (Minan Jauhari)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube