header-int

Kandaskan Wakil Madura, IAIN Jember Melaju ke Semifinal

Selasa, 26 Nov 2019, 20:37:40 WIB - 423 View
Share
Kandaskan Wakil Madura, IAIN Jember Melaju ke Semifinal

HUMAS - Kesebelasan IAIN Jember berhasil meraih melaju ke semifinal Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Football Championship 2019 piala bergilir Menteri Agama. Kepastian itu didapat setelah pada pertandingan pamungkas pada penyisihan grup 3 di Stadion Imam Nahrawi Selasa (26/11) berhasil mengandaskan IAIN Madura dengan skor 2-0.

Kemenangan IAIN Jember tidak lepas dari peran kapten kesebelasan Ainur Rofiq yang sukses memborong dua gol pada laga penuh gengsi tersebut. Kedua gol lahir dari tendangan langsung dari luar kotak pinalti. Kerasnya tendangan Ainur Rofiq di menit ke-10 dan menit ke-53 tak mampu ditepis oleh kiper IAIN Madura yang dikawal Fajar.

Duel IAIN Jember vs IAIN Madura berlangsung ketat dan seru. Kedua tim sama-sama ngotot untuk meraih tiket semifinal. Bagi Madura hanya kemenangan yang bisa membawanya ke babak selanjutnya. Sedangkan IAIN Jember cukup membutuhkan hasil imbang sudah bisa mengantarnya menjadi juara grup dan melaju ke semifinal.

Pada menit-menit awal babak pertama, IAIN Jember sempat dikagetkan serangan sporadis hasil kerjasama dua pemain IAIN Madura Qurosi dan Diyas. Namun usahanya masih belum berhasil karena tendangan Diyas membentur tiang gawang yang dijaga Joko.

Tuan rumah tidak mau tinggal diam, serangan balik terus gencarkan ke lini pertahanan Madura. Pada menit ke-10 akhirnya kapten kesebelasan Ainur Rofiq berhasil membobol gawang Madura. Gol tersebut bermula dari pelanggaran yang dilakukan pemain lawan di luar kotak penalti. Tendangan bola mati itu dimanfaatkan dengan baik oleh Rofiq. Pagar hidup tim lawan tidak mampu menghadang tendangan keras Rofiq yang menusuk di sudut kanan penjaga gawang Madura, Fajar. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Madura bangkit dari ketertinggalannya serangan terus digencarkan untuk menyamakan kedudukan. Namun, usahanya itu masih bisa dipatahkan di lini pertahanan tuan rumah yang begitu ketat untuk ditembus. Pada menit ke-40 kedua tim lebih agresif, duel antar pemain terlihat sangat sengit. Pelanggaran antar keduanyapun sering terjadi sehingga wasit memberikan kartu kuning untuk pemain Madura Basirurrohman pada menit 42 dan pemain Jember Ujan di menit 51 karena pelanggran keras yang dilakukan.

IAIN Jember kembali menambah pundi gol pada menit ke-53 oleh sepakan keras Rofiq. Gol kedua serupa dengan sebelumnya. Lahir dari tendangan keras dari luar kotak penalti tidak mampu ditepis oleh penjaga gawang Madura. Skor berubah 2-0 hingga laga usai.

Kemenangan tim tuan rumah disambut riang ribuan suporter yang memadati tribun stadion. Rektor IAIN Jember Babun Suharto, juga tak bisa menahan kegembiraannya. Usai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Babun bersama para pemain IAIN Jember langsung menabuh genderang di pinggir lapangan. Suporterpun kompak bernyanyi mengikuti irama gendang.

Manajer tim IAIN Jember Rosyadi Badar juga menyambut gembira kemenangan timnya. Menurutnya, kemenangan itu berkat kerja keras dari tim maupun arahan pelatih sehingga bisa menjadi juara grup. "Ini adalah kebanggaan untuk kita semua. Tapi, kemenangan ini masih belum berakhir. Sebab, tim kita masih harus kerja keras lagi agar bisa lolos ke final," paparnya singkat.

Sementara pelatih tim IAIN Madura Gilang Fajrul mengakui kekalahan atas IAIN Jember. "Tim kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menang namun tim lawan masih jauh lebih kuat. Kekalahan ini menjadi pembelajaran bagi. Kami akan lebih siap lagi pada turnamen selanjutnya," pungkasnya. (Aqin/Choliq)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube