header-int

IAIN Jember Wisuda 348 Sarjana

Jumat, 07 Sep 2018, 08:37:47 WIB - 101 View
Share
IAIN Jember Wisuda 348 Sarjana

IAIN Jember --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar wisuda Sarjana (S1) ke-30 dan Program Magister (S2) ke-13. Total ada 348 mahasiswa yang diwisuda di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) IAIN Jember, Kamis (6/9).

Rektor IAIN Jember Babun Suharto menuturkan,  jalur pendidikan dapat menentukan langkah dan masa depan seseorang. Karena itu, Rektor berpesan dihadapan para wisudawan agar tidak berhenti belajar dan terus meningkatkan pengetahuan.

“Saya sangat meyakini bahwa jalur pendidikan mampu untuk membawa seseorang memetakan langkah strategis masa depannya. Kampus IAIN Jember telah menjadi tangga awal sebagai lembaga pendidikan yang siap mengantarkan para wisudawan untuk meraih cita-cita yang diinginkan”, ungkap Babun Suharto.

Babun mengatakan,  wisuda merupakan momentum yang sangat membahagiakan. Prosesi wisuda merupakan momen yang sangat ditunggu oleh mahasiswa. Menurutnya, empat atau lima tahun yang lalu saat mahasiswa pertama kali menginjakkan kaki di kampus IAIN Jember, barangkali langkah dan cita-citanya belum terpetakan dengan baik.

“Saat ini, semua itu terjawab dan terpetakan cukup baik setelah menempuh jalur pendidikan di IAIN Jember. Hal ini menunjukkan,  dunia pendidikan menjadi salah satu penentu arah bagaimana seseorang menggantungkan cita-cita kehidupan, ” papar Rektor.

“Hari ini, kita rasakan bersama. Para wisudawan dapat tersenyum bahagia karena Anda semua menjadi generasi emas milenial yang siap berkontribusi untuk bangsa dan negara dengan mengamalkan ilmu yang telah diraih dari IAIN Jember, " sambungnya.  

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Jember Nur Solikin melaporkan, 348 wisudawan IAIN Jember terdiri dari 332 orang Sarjana (S1) dan 16 orang Magister (S2). Untuk S1, terdiri dari 214 sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 29 sarjana Fakultas Syariah, 20 sarjana Fakultas Dakwah, 21 sarjana Fakultas Ushuludin, Adab dan Hamaniora, 38 sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sedangkan program Magister Pascasarjana berjumlah 16 orang.

“Lulusan terbaik IAIN Jember adalah Feny Dyah Aprillia dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.99. Untuk program Magister, wisudawan terbaik Riayatul Husnan dengan IPK 3.94 dari Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,” kata Nur Solikin.

Nur Solikin menambahkan, saat ini mahasiswa IAIN Jember berjumlah 11.861 mahasiswa dengan rincian 11.004 mahasiswa S1, 769 mahasiswa S2 dan 88 mahasiswa program S3. Dikatan Nur Solikin, lulusan IAIN Jember telah berkiprah dengan pelbagai profesi. “Alumni IAIN Jember telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan pelbagai profesi. Ada yang menjadi hakim, Dosen, anggota DPR, pengusaha, dan lain-lain. Dengan kata lain, kampus IAIN Jember telah berkontribusi mencetak lulusan yang siap mengabdi di tengah-tengah masyarakat”, kata Nur Solikin.

Peraih Skripsi terbaik masing masing Fakultas antara lain:

  1. Firda Nuraini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan judul Skripsi Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam  dalam Menumbuhkan Religiusitas Siswa di SMP Negeri 2 Umbulsari Kabupaten Jember
  2. Ken Ismi Rozana Fakultas Syariah dengan judul Skripsi Redefinisi Fungsi Sosial Keluarga dalam Masyarakat (Studi Tentang Eskalasi Cerai Susuk di Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi)
  3. Siti Mukifah Fakultas Dakwah dengan judul Skripsi Interpersonal Communication Between Parent and Children Toward Bhekalan At Taman, Taman Krocok Bondowoso
  4. Nurun Najmatul Ulya Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora dengan judul skripsi Hermeneutika Subjektivis: Studi Atas Hermeneutika Farid Esack
  5. Hafid Ansori Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan judul Skripsi Implementasi Relationship Marketing Terhadap Saving Customer Loyalty Studi pada BPR Syariah Situbondo
  6. Fatimah Azzahro program Pascasarjana dengan judul tesis Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Jember.

Untuk lulusan terbaik, kampus memberikan beasiswa untuk melanjutkan studi di Program Pascasarjana IAIN Jember. Selamat untuk para wisudawan dan wisudawati. (wildanhefni/humas)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube