header-int

IAIN Jember Juara PTKN Football Championship Piala Menag

Jumat, 29 Nov 2019, 10:13:57 WIB - 196 View
Share
IAIN Jember Juara PTKN Football Championship Piala Menag

HUMAS – Kesebelasan mahasiswa IAIN Jember akhirnya berhasil membawa pulang piala bergilir Menteri Agama (Menag). Juara itu direbut setelah berhasil menumbangkan tim tangguh UIN Bandung lewat adu pinalti. Dalam turnamen Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Football Championship 2019 ini tim tuan rumah berhasil menang 7-5.

Ribuan suporter tuan rumah yang memadati Stadion Imam Nahrawi Kamis (28/11) malam, berhamburan ke lapangan saat IAIN Jember dipastikan juara. Mereka meluapkan kegembiraannya setelah sebelumnya dicekam rasa penasaran karena lawan yang dihadapi cukup kuat hingga permainan harus berakhir dengan adu pinalti. Pasalnya, pada pertandingan 2x45 menit kedudukan akhir sama kuat 2-2.

Pada babak pertama Jember unggul lebih awal lewat gol kapten kesebelasan Ainur Rofiq pada menit ke-21. Tendangan bebas dari luar kotak penalti yang jadi andalannya tidak bisa di tepis oleh penja gawang Bandung yang dikawal Riyan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Bandung mulai bangkit dari ketertinggalannya. Terbukti pada menit ke-56 Bandung berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Wildan dari luar kotak penalti. Pagar hidup tuan rumah tidak mampu menghadang sepakan keras Wildan yang menukik ke arah gawang. Skor berubah menjadi 1-1.

Pertandingan mulai memanas, tuan rumah terus menggencarkan serangannya ke lini pertahanan lawan. Kerja keras tuan rumah akhirnya membubuhkan hasil pada menit ke-75 saat tendangan bebas kapten kesebelasan Ainur Rofiq yang menyudut tidak mampu ditepis oleh penjaga gawang Bandung. Kedudukan berubah 2-1.

Bandung tidak mau tinggal diam, serangan balik pun terus di gencarkan. Pada akhirnya di menit ke-90 Bandung diuntungkan gol bunuh diri pemain belakang Jember, Ibnu yang tanpa sengaja menyundul bola ke belakang saat tendangan bola lambung Kapten UIN Bandung Wildan mengarah ke gawang Joko. Kedudukan berubah 2-2 hingga peluit panjang dibunyikan.

Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti. Babak ini, kiper tuan rumah Joko Sulistyo menjadi pahlawan karena berhasil menepis dua tendangan pemain Bandung. Sementara lima penendang Jember sukses menjalankan tugasnya sebagai algojo. Skor akhir 7-5 untuk kemenangan tuan rumah.

"Ini adalah suatu kebanggaan untuk kita semua, mudah-mudahan ini menjadi pelecut menghadapi piala Menteri Agama tahun 2020," tegas Rektor IAIN Jember Babun Suharto yang memberi sambutan selaku koordinator Rektor PTKIN se-Indonesia.

Sementara itu, manajer tuan rumah  Rosyadi Badar bersyukur atas kemenangan anak asuhnya. "Alhamdulilah kemenagan ini tidak luput dari kerja keras yang sudah dilakukan para pemain, pelatih dan dukungan para suporter yang sudah mengunggah semangat para pemain, sehingga Jember bisa menjuarai liga PTKN Footbaal Championship 2019 ini," ucapnya penuh bangga.

Dari kemenangan ini IAIN Jember berhasil meraih piala bergilir Menteri Agama dan uang tunai senilai Rp 17.500.000 serta reward dari Rektor dan pelatih kesebelasan. Juara 2 UIN Bandung, juara 3 UIN Riau dan juara 4 UIN Jakarta. Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada Ainur Rofik (IAIN Jember) sebagai pencetak gol terbanyak (9 gol), Wildan (UIN Bandung) sebagai pemain terbaik dan UIN Jakarta sebagai tim fair play. (Aqin/Choliq)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube