header-int

Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora Gelar Rapat Evaluasi Kurikulum

Kamis, 01 Nov 2018, 12:00:47 WIB - 116 View
Share
Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora Gelar Rapat Evaluasi Kurikulum

IAIN Jember - Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Tahun 2018. Rapat koordinasi ini dimaksudkan untuk mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan tahun 2018 dan juga rencana kerja tahun 2019.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto menuturkan bahwa rapat koordinasi ini penting untuk dilaksanakan sebagai bahan evaluasi penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Ushuludin,  Adab, dan Humaniora utamanya terkait dengan pematangan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Dikatakan Babun, kurikulum saat ini diproyeksikan untuk mengacu pada standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja.

“Kami berharap, semua Fakultas telah merampungkan kurikulum berbasis KKNI ini. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Terlebih, tuntutan agar mata kuliah sesuai dengan pasar kerja”, ungkap Babun.

Ia menambahkan, evaluasi dan peninjauan terhadap kurikulum yang sudah berjalan harus dilakukan. Ia berharap agar dalam proses penyusunan kurikulum berbasis KKNI di Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora ini melibatkan stakeholder para alumni dan dosen.

Dekan Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora IAIN Jember Abd. Haris menuturkan bahwa rapat koordinasi dan evaluasi ini bertujuan untuk memperbaiki sistem kurikulum yang telah dijalankan. Menurutnya, selama ini dirasa ada tumpeng tindih dan cakupan mata kuliah terlalu luas.

“Semoga dengan rapat koordinasi ini, semua matakuliah dapat sinkron dengan masing-masing program studi di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora ini. Karena itu, kami melibatkan para dosen untuk bersama-sama memberi rumusan dalam perbaikan kurikum berbasis KKNI”, terang Abd. Haris.  (humas)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube