header-int

Fakultas Syariah Gelar Kompetisi Peningkatan Bakat dan Minat Mahasiswa

Selasa, 16 Okt 2018, 12:26:01 WIB - 153 View
Share
Fakultas Syariah Gelar Kompetisi Peningkatan Bakat dan Minat Mahasiswa

IAIN Jember  –Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar perhelatan kompetisi peningkatan bakat dan minat mahasiswa. Kompetisi ini akan berlangsung selama empat hari sejak tanggal 16 sampai 19 Oktober 2018.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IAIN Jember Sukarno mengungkapkan, perhelatan peningkatan bakat dan minat mahasiswa dimaksudkan sebagai ajang persemaian prestasi mahasiswa yang disiapkan dalam beberapa event nasional kedepan.

Dikatakan Sukarno, peningkatan bakat dan minat mahasiswa yang diinisiasi oleh pihak Fakultas Syariah menjadi gerbang utama dalam menyiapkan kader mahasiswa yang unggul, profesional dan handal di bidangnya. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Hemat kami, kegiatan ini menjadi titik awal dalam upaya melahirkan para atlit muda yang profesional di bidangnya dan mampu berkontribusi besar terhadap citra institusi yang ditunjukkan dengan prestasi yang membanggakan”, ungkap Wakil Rektor III saat membuka kegiatan di halaman Fakultas Syariah IAIN Jember, Selasa (16/10).

Sukarno juga berharap, perhelatan kompetisi dalam ajang peningkatan bakat dan minat mahasiswa di lingkungan Fakultas Syariah dapat menjadi tempat berseminya para atlit di bidang olahraga dan seniman yang dibutuhkan di even-even nasional dan internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Syariah IAIN Jember Sutrisno menuturkan, perhelatan akademik dalam rangka peningkatan bakat dan minat serta mencari mahasiswa unggul baik dalam prestasi akademik, keolahragaan, seni dan riset sangat penting untuk dilakukan. Menurut Sutrisno, mahasiswa harus mampu mengolah potensi etika dan nalar yang ditunjukkan dengan prestasi gemilang.

“Mahasiswa merupakan salah satu bagian dari sumber daya manusia Indonesia dan sekaligus merupakan aset bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus dalam membangun bangsa. Karena itu, potensi dan kemampuan mereka harus sejak dini dilatih dan digali melalui pagelaran kompetisi semacam ini”, tutur Sutrisno.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah M. Syaiful Anam menuturkan bahwa kompetisi ini dilaksanakan sebagai wadah untuk menanamkan motivasi pengembangan bakat dan minat mahasiswa. Selain itu, menurut Anam, ajang peningkatan bakat dan minat ini juga sebagai perekat tali persaudaraan antar mahasiswa yang diwujudkan dengan kompetisi secara fair, adil dan profesional.

Dikatakan Anam, kompetisi ini diikuti oleh 160 mahasiswa dari empat program studi yaitu Program Studi Ahwal Al-Syakhsyiyah, Muamamalah, Hukum Tata Negara, dan Hukup Pidana Islam. Adapun kategori yang dipertandingkan dan dilombakan terdiri dari tiga ketegori yaitu bidang Ilmiah, Olahraga dan Seni. Untuk bidang olahraga, ada tiga cabor yang dipertandingkan antara lain Bola Voly, Catur, dan Tenis Meja. Sementara untuk bidang seni, antara lain Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Kaligrafi, Pidato Bahasa Inggris dan Pidato Bahasa Arab. Kategori bidang Ilmiah adalah Musabaqoh Qiratul Kutub (MQK).

Kompetisi ini akan memperebutkan piala Dekan Fakultas Syariah dan tropi lainnya. Selamat berkompetisi.  (humas/wildanhef)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube