header-int

Fakultas Dakwah Galang Dana Untuk Korban Gempa dan Sunami di Palu & Donggala

Senin, 01 Okt 2018, 15:07:31 WIB - 216 View
Share
Fakultas Dakwah Galang Dana Untuk Korban Gempa dan Sunami di Palu & Donggala

IAIN Jember- Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Ahidul Asror, M.Ag segera meneruskan arahan Rektor IAIN Jember tentang dilakukannya gerakan peduli korban bencana gempa bumi dan sunami yang terjadi di Palu dan Donggala, pada jumat 29/9. Beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Bersumber dari banyak media hingga kini dikabarkan bahwa Gempa berkekuatan 7,4 SR. yang terjadi Timur Laut Donggala sehingga mengakibatkan terjadinya tsunami dengan ketinggian 1,5 sampai 2 meter, menerjang kawasan Pantai Talise Kota Palu dan pantai di Donggala, sebanyak 832 orang tercatat sebagai korban meninggal dunia, masing-masing di Kota Palu 821 orang dan Donggala 11 orang. 

Sebagai bentuk kepedulian, fakultas Dakwah melakukan gerakan peduli korban bencana melalui penggalangan dana dari semua civitas akademika. Diharapkan gerakan ini bias menjadikan andil sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan dalam meringankan beban saudara kita yang sedang mendapatkan musibah.

“Kita sebagai bagian dari civitas akademika IAIN Jember harus aktif terlibat dan berpartisipasi dalam meringankan beban korban bencana, saya mengharap dosen dan karyawan dilingkungan fakultas dakwah berkenan menyalurkan sebagian zakat, infaq dan sedekahnya untuk korban bencana, inilah bentuk persaudaraan yang harus digerakkan”. Ungkap Asror.

Sebelumnya Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. telah memberikan arahan kepada semua dekan dan pejabat lainnya dilingkungan kampus IAIN Jember untuk ikut peduli terhadap korban bencana gempa dan sunami di Palu dan Donggala.

Agenda yang serupa juga pernah dilakukan oleh civitas akademika melalui penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi yang terjadi dilombok. Gerakan itu merupakan bagian dari agenda tanggap darurat sebagaimana dilakukan oleh Kemenag RI yang diteruskan kepada semua civitas akademik termasuk dilingkungan kampus IAIN Jember.

Karenanya khusus bencana yang terjadi di palu dan donggala beberapa waktu lalu spontan mengetuk nurani kemanusiaan bagi kalangan civitas akademika IAIN Jember untuk ikut terlibat meringankan beban para korban. Tentu, partisipasi ini tidak seberapa besar peran bantuannya, namun setidaknya gerakan peduli korban palu dan donggala ini menjadi bukti nyata bagaimana persaudaraan terbangun dari kalangan akademisi.

Sementara, bagi kalangan civitas akademika dilingkungan IAIN Jember yang berkeinginan menyalurkan bantuannya, secara teknis dana tersebut akan disalurkan kepada korban bencana sebagaimana jaringan penyaluran bantuan yang telah dipersiapkan oleh kampus IAIN Jember. (Minan Jauhari)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube