header-int

DWP IAIN Jember ikuti Launching Pendistribusian Bantuan Bencana Kemenag RI

Selasa, 02 Feb 2021, 19:35:59 WIB - 297 View
Share
DWP IAIN Jember ikuti Launching Pendistribusian Bantuan Bencana Kemenag RI

Humas- Ketua dan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Jember pagi ini (2/2) mengikuti acara Launching Pendistribusian Bantuan Bencana yang dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual. Tema yang diusung yaitu Bersinergi, Berbagi Rezeki, Mengembalikan Energi. Tema kegiatan ini memiliki makna yang luhur. Hal itu disampaikan oleh penasihat DWP Kemenag RI, Eny Yaqut Cholil Qoumas.

“Pertama Bersinergi, kita akan terus hadir bersinergi membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah. Kedua, Berbagi rezeki, kesadaran berbagi rezeki kepada saudara kita, karena sebagian harta yang dititipkan kepada kita ada hak orang lain. Ketiga, Mengembalikan energi, kita sebagai saudara agar memberi energi positif dan menghibur  mereka yang tertimpa musibah.” Ungkap Eny selaku Penasehat DWP Kemenag RI.

Farihah Nizar Ali, selaku ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI menyampaikan bahwa kegiatan Launching Pendistribusian bantuan ini dilakukan untuk membantu korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.    

“Semoga ini menjadi amal jariyah yang tidak terputus bagi kita semua yang telah bersinergi menggalang dana” harapan Farihah.

Total donasi yang terkumpul yaitu sebanyak Rp1.221.229.250. Bantuan yang diberikan kepada korban berupa paket sembako, pakaian dalam, mukena, sarung, selimut, handuk, obat-obatan, perlengkapan mandi, peralatan masak, dan mesin penyulingan air. Bantuan ini telah disampaikan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, H. Nizar Ali pada tanggal 28 Januari 2021 di Kalimantan Selatan. Sedangkan bantuan untuk wilayah Sulawesi Barat akan diserahkan secara simbolis pada sabtu, 6 Februari 2021.

Hadir pula dalam acara ini, perwakilan dan para donatur dari masing-masih DWP di Indonesia mulai pusat sampai daerah. Prakata dalam acara ini juga disampaikan oleh Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan Bu Erma Fatmawati selaku Ketua DWP IAIN Jember. Dalam kesempatan ini, Ketua DWP IAIN juga melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan bersama pengurus dan anggota.

“Musibah tidak hanya di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Di kabupaten Jember juga terkena musibah banjir. Kami Dharma Wanita Persatuan IAIN Jember juga sigap membantu korban banjir di daerah Tempurejo dan Bangsalsari.  Selain itu, pada tanggal  29 Januari 2021 di kampus kami, IAIN Jember juga terkena banjir sekitar 4 hektare lahan yang tergerus banjir” ungkapnya.

Selain itu juga ada sesi penayangan video proses penggalangan dana, pendistribusian, penyerahan secara simbolis berupa barang bantuan untuk korban bencana. Acara secara virtual ini diakhiri dengan sambutan dan arahan dari Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas.

“Kita harus mengimani kepada semua yang ditakdirkan, pasrah menerimanya, harus meyakini bahwa setiap peristiwa ada hikmahnya. Kita harus memiliki kepedulian terhadap sesama dan mencintai saudara seperti mencintai diri kita sendiri” ujarnya Yaqut. (Humas/Naimah)

iain-jember Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah diresmikan oleh Menteri Agama RI pada awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2021 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube