header-int

Antisipasi Merebaknya Virus Corona, Mahasiswa Tadris IPA IAIN Jember Produksi Hand Sanitizer

Jumat, 20 Mar 2020, 16:58:22 WIB - 1130 View
Share
Antisipasi Merebaknya Virus Corona, Mahasiswa Tadris IPA IAIN Jember Produksi Hand Sanitizer

HUMAS- Di tengah kelangkaan hand sanitizer, Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alama (IPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruanm (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jumat (20/3/2020) membuat hand sanitizer secara mandiri. Pembuatan tersebut didampingi langsung oleh Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto, Plh Dekan FTIK Mashudi, Kepala Laboratorium Abd Muhith, Kepala Prodi Tadris IPA Suhardi, dan sejumlah dosen.

Rektor IAIN Jember Prof Babun Suharto menjelaskan, dirinya sengaja meminta kepada Prodi Tadris IPA dan Laboratorium, untuk membuat hand sanitizer  kemudian nantinya akan digunakan oleh Dosen dan Karyawan di lingkungan kampus.

“Kita tahu sendiri, untuk mendapatkan hand sanitizer  cukup sulit di pasaran, sementara aktifitas di kampus untuk dosen dan karyawan tetap seperti biasa, akhirnya saya tadi minta agar mahasiswa Tadris IPA untuk membuat hand sanitizer   secara mandiri. Ini sebagai bentuk ikhtiar kita, menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari virus covid 19,” ungkapnya.

Babun menambahkan, hand sanitizer  yang dibuat oleh mahasiswa tersebut, selain akan digunakan di lingkungan IAIN Jember sendiri, juga akan dibagikan ke masjid- masjid.

“Jadi nanti, selain kita gunakan di lembaga sendiri (IAIN), hand sanitizer  yang dibuat mahasiswa dan dosen tersebut, juga akan kami bagikan ke masjid- masjid. Nanti aka nada tim kami yang akan bertugas membagikan,” tambahnya.

Babun berharap, dengan upaya yang dilakukan IAIN Jember tersebut, akan dapat mengurangi penyebaran virus covid 19, dan membantu masyarakat yang membutuhkan hand sanitizer. “Kita berharap, upaya preventif ini dapat mengurangi penyebaran virus covid 19, dan masyarakat juga yang akan beribadah di masjid bisa tenang, sehingga ibadahnya akan khusuk,” harapnya.

Sementara Kepala Laboratorium FTIK IAIN Jember Abdul Muhith mengaku bersyukur, karena produk yang dibuat oleh mahasiswa Tadris IPA IAIN Jember, bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Tentu kami sangat bersyukur, karena hand sanitizer  saat ini cukup sulit di pasaran. Dengan adanya produk yang diproduksi oleh mahasiswa ini, minimal bisa membantu masyarakat dalam menjaga penyebaran virus corona,” katanya. (Ahmad Winarno/ Humas IAIN Jember)    

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Follow Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember : Facebook Twitter Linked Youtube